Ahok Ingin Gratiskan Bus TransJakarta Bila ERP Beroperasi

Calon gubernur petahana Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan dirinya kembali akan memberikan layanan gratis bus TransJakarta bila terpilih lagi. Kali ini yang menjadi sasaran Ahok adalah guru agama dan Ketua RT/RW.

"Memang arahnya itu, mau gratis. Ke depan guru agama dan Ketua RT/RW enggak perlu bayar. Kita kan sekarang sudah mulai buat gratis terbatas," kata Ahok di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2016).

Gratis terbatas yang dimaksud oleh Ahok adalah beberapa golongan sudah mendapatkan layanan gratis saat naik bus TransJakarta. Golongan tersebut antara lain lansia, pegawai honorer Pemda DKI, dan pelajar yang menggunakan Kartu Jakarta Pintar (KJP). 

"Sekarang mulai gratis terbatas. Sekarang kita sudah mulai buat orang yang gaji UMP, lansia, pegawai honorer Pemda, pelajar kan sudah gratis," papar Ahok.

Namun untuk menggratiskan semua warga DKI yang ingin menggunakan bus TransJakarta, Ahok mengatakan masih menunggu berlakunya sistem jalan berbayar alias Electronic Road Pricing (ERP). Nantinya, bila ERP sudah diberlakukan, semua pengguna TransJakarta akan disubsidi oleh Pemprov DKI. Selain itu, Ahok juga berencana mengusai rute semua transportasi di Jakarta.

"Tergantung ERP sama parkir mesin yang kita pasang. Nanti kita subsidi, karena makin lama kita mau kuasai semua rute bus," ucap mantan Bupati Belitung Timur itu.

"Karena yang ingin kita utamakan hal-hal lain lagi, bukan pembangunan, kita harus seimbang. Jadi kalau kita mau subsidi, harus ada sumber uangnya. Jadi kalau ERP bisa dapat Rp 4 triliun sampai Rp 5 triliun, kenapa enggak kita subsidi ke transportasi semua?" tutupnya dengan gaya bertanya-tanya.

No comments:

Post a Comment

https://twitter.com/LoVeMaTa
https://www.youtube.com/user/dimensinet
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih