Janji Ahok untuk Perempuan: Klinik di Pasar hingga RPTRA Cegah Stres

Cagub DKI nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan komitmennya dalam masalah kesehatan dan perempuan. Salah satu usahanya untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga keamanan perempuan di Jakarta adalah membuat klinik di pasar.

Ahok mengutarakan alasannya membuat klinik hingga di dalam pasar. Dia mengatakan membuat klinik di dalam pasar karena, dari pengalamannya, banyak ibu-ibu dan pedagang yang tidak sempat berobat dan ke rumah sakit.

"Kenapa saya bangun klinik sampai pasar, karena saya temukan waktu saya belanja sendiri, saya lihat ibu-ibu di pasar itu enggak bisa dan enggak sempat ke rumah sakit. Makanya saya bikin klinik di pasar," kata Ahok kepada pendukungnya di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2016).

Selain klinik di pasar, Ahok juga membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) untuk mengurangi tingkat stres kaum perempuan dan ibu. Apalagi saat ini banyak perempuan dan ibu yang tidak hanya menjaga anak, tapi juga bekerja menambah penghasilan keluarga. Sedangkan untuk KJP, Ahok mengatakan, salah satu alasan dirinya membuat 'kartu sakti' tersebut adalah dulu banyak ibu-ibu pergi ke Pegadaian saat musim kenaikan kelas.

"Beban perempuan ini begitu banyak, banyak perempuan stres harus urus anak dan cari duit, makanya kita bentuk RPTRA," ujar Ahok.

"Pendidikan, KJP itu, dulu ibu-ibu paling banyak ke Pegadaian pas kenaikan kelas, buat biaya beli-beli keperluan. Sekarang enggak ada lagi itu yang ke Pegadaian," lanjutnya.

Untuk keamanan bagi perempuan, di akhir tahun nanti akan ada 6.000 CCTV yang bisa mengenali wajah di Jakarta. Sementara itu, untuk masalah keuangan, Ahok terus mendorong agar perempuan dan ibu-ibu bisa mandiri mencari penghasilan tambahan untuk membantu keuangan keluarga.

"Termasuk urusan kantong. Kemarin dapat laporan ibu-ibu di Rusun Tambora mulai menjahit, saya mau ibu-ibu di rusun punya penghasilan. Kalau ibu-ibu punya uang, nanti suami takut sendiri," canda Ahok.

Bukan tanpa alasan mengapa kesehatan dan keamanan perempuan menjadi perhatian khusus Ahok. Dia merasakan sendiri bagaimana anak-anaknya sering mencari ibu mereka karena belum pulang meski hari telah malam. Sedangkan, sambil bercanda Ahok mengatakan, bila dia belum pulang, anak-anak mereka jarang mencarinya.

"Kalo ada ibu, saya enggak pulang berapa hari saja, anak saya enggaknyariin. Kalau istri saya malam belum pulang, pasti dicariin. Dulu kalau mama saya sakit, saya tungguin, enggak sekolah takut dia meninggal," kata Ahok.

"Enggak ada alasan enggak menjaga kesehatan perempuan," tutupnya.

No comments:

Post a Comment

https://twitter.com/LoVeMaTa
https://www.youtube.com/user/dimensinet
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih