Tanggapi Komentar Anies soal Survei 'Telolet', Agus Yudhoyono: LOL

Calon gubernur DKI Anies Baswedan menyinggung soal hasil survei-survei yang telah dirilis dengan mengatakan masih banyak survei yang 'telolet'. Pesaingnya, Agus Yudhoyono menanggapi hal itu dengan tertawa.

"Haha..., lucu aja. Kalau saya sih jawabannya LOL kalau gitu," kata Agus Yudhoyono menanggapi komentar Anies di Jalan Palbatu, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (22/12/2016).

Seperti diketahui, LOL adalah kependekan dari bahasa Inggris, yaitu Laughing Out Loud. Artinya kurang lebih adalah tertawa ngakak. Akronim LOL ini sering digunakan dalam perbincangan tertulis lewat media sosial atau aplikasi pengirim pesan.

Agus berkata, survei pastilah dilakukan dengan sejumlah metodologi. Misal ada pihak yang mempertanyakan kredibilitas sebuah lembaga survei, Agus menyarankan untuk bertanya langsung kepada lembaga survei yang berkaitan.

Untuk hasil survei sendiri kata Agus, dirinya menjadikan hasil tersebut sebagai patokan untuk menentukan langkah-langkah apa yang akan diambilnya selanjutnya. Ini agar hasil survei dapat terkonversi menjadi suara nyata di Pilgub DKI 15 Februari 2017 mendatang.

"Kalau kami menjadikan hasil survei itu kompas untuk bernavigasi seperti apa, apakah yang kita lakukan benar-benar dirasakan masyarakat efektif, atau apa masih ada hal yang harus kita lakukan. Tetapi patokannya tak melulu hanya itu. Kita secara langsung melihat, berdiskusi, berdialog dengan masyarakat," papar suami Annisa pohan ini.

"Kita jadikan (hasil survei) itu semangat untuk meningkatkan elektabilitas agar jadi suara riil. Saya paling anti mengatakan sudah melakukan hal yang spektakuler. Saya menolak menjadi lengah karena saya ingin jadi gubernur rakyat, bukan gubernur survei," imbuhnya menutup. 

(Baca juga: Anies Baswedan: Survei Juga Banyak yang Telolet)

Sebelumnya, cagub Anies mengajak masyarakat untuk kritis terhadap fenomena survei-survei yang muncul bak jamur di musim penghujan, seperti musim Pilgub DKI 2017 ini. Survei membutuhkan biaya mahal, maka bila survei diadakan terus menerus perlu disikapi secara skeptis. Anies menilai survei banyak yang 'telolet', entah apa yang dimaksud sebagai 'telolet' dalam hal ini.

"Iya, survei juga ada yang telolet, memang telolet. Ada banyak jenis telolet. Saya lihat survei juga banyak telolet," ujar Anies sambil tertawa usai berdialog dengan warga di Jalan Bambu, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (21/12) kemarin.

No comments:

Post a Comment

https://twitter.com/LoVeMaTa
https://www.youtube.com/user/dimensinet
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih