Ahok tertarik perakit bus lokal bermesin Jerman

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemprov DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan kulitas transportasi massal guna mengatasi kemacetan ibu kota. Kali ini Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tergiur dengan perusahaan perakit bus lokal bermesin buatan Eropa.

"Tertarik, chasisnya Jerman. Sudah bisa produksi bus aluminium, harga bus tingkatnya di bawah harga bus tingkat buatan China," ujar pria dengan sapaan Ahok di Balai kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (4/4/2014).

Sementara PT Duta Putera Sumatera selaku distributor chasis asal Jerman dan PT Nusantara Gemilang Karoseri selaku perakit bus lokal asal Kudus terkendala dengan peraturan penggunaan bahan bakar gas (BBG).

"Mesin buatan Eropa ini tidak bisa menggunakan gas yang ada di Indonesia karena perbedaan kualitas. Mesinnya diesel," terang Direktur PT Duta Putera Sumatera Nugroho Tjandrakusuma seusai bertemu Ahok.

"Infrastruktur untuk pengisian BBG juga masih minim. Tambahan pula kualitas gas serta pengisian gas membutuhkan waktu lebih lama," sambungnya.

Nugroho mengaku Ahok tidak mempermasalahkan perihal penggunaan diesel atau gas. Asal kebutuhan akan transportasi massal yang ramah lingkungan dapat terpenuhi.

"Tidak masalah apakah menggunakan diesel atau gas atau bahan bakar lain. Yang penting menentukan standar emisi yang akan dicapai," bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, Direksi PT Nusantara Gemilang Karoseri Christian Nathanael Budianto menyebut kalau Ahok meminta pihaknya segera mendaftarkan diri ke e-catalog. Nathael berharap kerja sama ini nantinya tidak hanya pengadaan bus tingkat wisata melainkan juga unit lainnya.

"Pak Wagub minta kami segera mengajukan spesifikasi. Kami harap tidak hanya bis tingkat wisata. Tapi Trans Jakarta dan transportasi massal lainnya," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

https://twitter.com/LoVeMaTa
https://www.youtube.com/user/dimensinet
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih