Detik-detik Salat Jumat Menegangkan Bagi 10 WNI Kala Polisi Ceko Menggerebek Masjid

Polisi Ceko saat menggerebek di Islamic Foundation, Jumat lalu (Foto: cezkenoviny.cz)
Jakarta - Ada sekitar dua lusin polisi Ceko yang datang dengan senjata api laras panjang ke sebuah masjid di pusat Kota Praha. Mereka meminta semua jamaah masjid yang hendak menggelar salat Jumat untuk tiarap di lantai.

"Ada sekitar 100 orang di dalam masjid. Karena ruangan sempit, kami akhirnya bersujud," jelas Staf KBRI Praha Bidang Pensosbud, Wahono Yulianto, saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (29/4/2014). 

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (25/4) sekitar pukul 13.00 waktu setempat. Salat Jumat padahal hendak dimulai. Ada 10 WNI yang terdiri dari 9 staf KBRI dan seorang mahasiswa Indonesia ada di masjid itu, termasuk Wahono.

"Polisi masuk saat azan," imbuh Wahono.

Tak lama, seorang warga Ceko berdebat dengan polisi. Namun polisi bergeming. Jamaah masjid diperiksa. Yang membawa anak kecil, orangtua, dan yang sakit diminta keluar.

"Mereka mencari seorang yang mempublish buku yang dilarang di Ceko," imbuh Wahono yang baru 2,5 bulan bertugas di Ceko.

Staf KBRI kemudian berbicara dengan polisi Ceko. Sesuai Konvensi Wina mereka memiliki kekebalan diplomatik. Tetapi, polisi Ceko hanya mengizinkan 6 orang saja WNI keluar, sisanya tetap bertahan di dalam masjid

"Kami bernegosiasi, kami ingin semua bisa keluar. Sekitar jam 4 sore baru semua diperbolehkan keluar," jelas Wahono.

Setelah itu, Wahono mengecek apakah masih ada WNI di dalam masjid. Karena di Ceko tengah menjelang musim semi, musim wisatawan. Dan setelah hasil cek menyatakan tak ada WNI di masjid, semua pergi ke KBRI.

"Kita salat zuhur saja akhirnya," terang dia.

Selama ini tak pernah ada peristiwa seperti ini di Ceko. Seorang staf lokal KBRI yang sudah 30 tahun di Ceko juga mengaku ini baru kejadian pertama.
"Ada kekhawatiran, tindakan itu berlebihan," tutup Wahono.

No comments:

Post a Comment

https://twitter.com/LoVeMaTa
https://www.youtube.com/user/dimensinet
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih