Rekaman Pilot MH370-ATC Diperdengarkan Pertama Kali pada Keluarga Korban

Pilot MH370
Beijing - Rekaman percakapan antara pilot Malaysia Airlines MH370 dan petugas Air Traffic Control (ATC) diperdengarkan pertama kali pada publik. Publik yang pertama kali mendengarkan adalah keluarga korban dari China.

"Malaysia three seven zero contact Ho Chi Min 120.9, good night," kata petugas ATC Malaysia, seperti dilansir dari CNN, Selasa (29/4/2014).

"Good night Malaysian three seven zero," demikian jawab suara laki-laki dalam kokpit MH370.

Ini merupakan pertama kalinya otoritas Malaysia memperdengarkan rekaman percakapan pilot dan ATC, setelah 50 hari pesawat itu menghilang pada 8 Maret 2014 lalu. Otoritas Malaysia mengadakan briefing panjang hari ini di Beijing, China, di mana sesi pertama adalah rilis kronologi kontak terakhir pesawat dengan radar sesuai dengan orbit satelit di atas Samudera Hindia.

"Pada pukul 02.03 waktu setempat tanggal 8 Maret, pusat operasional Malaysia Airlines mengirim pesan pada kokpit menginstruksikan pilot untuk mengontak petugas darat di Vietnam," kata pejabat penerbangan Malaysia, Sayid Ruzaimi Syed Aris.

Namun, MH370 saat itu tidak merespons pesan dari pusat operasional Malaysia Airlines. Hampir 20 menit kemudian, pukul 02.22, Aris mengatakan AU Malaysia, Royal Malaysia Air Force, melihat penerbangan MH370 untuk terakhir kalinya pada sistem radar. Saat itu, pesawat diyakini telah membelok jauh, di atas wilayah pesisir Malaysia dari Penang ke arah Selat Malaka.

Setelah pukul 02.22 hingga pukul 07.13 tidak ada yang mencoba mengontak MH370. Pukul 07.13, barulah MAS mencoba membuat panggilan suara ke pesawat. "Namun tak ada respons," kata Aris. 

Sedangkan perwakilan MAS Subas Chandran mengatakan pada keluarga penumpang dari China itu bahwa pesawat kemungkinan kehabisan bahan bakar pukul 08.12. Otoritas Malaysia juga menunjukkan hasil tangkapan radar keenam dan terakhir satelit Inmarsat di atas Samudera Hindia pada pukul 08.11 waktu Malaysia. 

Otoritas Malaysia juga menunjukkan dari data Inmarsat terakhir bahwa jalur pesawat sudah menyimpang jauh dari jalur yang seharusnya ke Beijing.

No comments:

Post a Comment

https://twitter.com/LoVeMaTa
https://www.youtube.com/user/dimensinet
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih